Dinkes Ngawi, Sosialisasikan Jangan Kendor Disiplin Kenakan Masker Cuci Tangan & Jaga Jarak - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Senin, 09 November 2020

Dinkes Ngawi, Sosialisasikan Jangan Kendor Disiplin Kenakan Masker Cuci Tangan & Jaga Jarak


Ngawi, Metro Jatim;

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi Jawa Timur, terus galakkan upaya edukasi dan sosialisasi serta aksi turun ke lapangan dengan tujuan agar masyarakat membiasakan diri memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan pembagian secara serentak di 24 Puskesmas di Kabupaten ngawi bersama-sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah. Salah satunya dilakukan pembagian masker gratis para pengendara kendaraan di perempatan Tugu Gading Kartonyono( 7/11/2020).



Kegiatan pembagian masker gratis tersebut dipimpin langsung oleh “Mbak Antik” ketua Darma Wanita, merupakan istri Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono. Pembagian masker bertema "Jangan Kendor Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Jaga Jarak" tersebut juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan Ngawi dr. Yudhono beserta jajaran dinas kesehatan setempat. Mengingat dilihat dari data nasional kasus konfirmasi positif Covid-19 yang sedikitnya mengalami peningkatan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk di Bumi Orek-orek Ngawi, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah. Langkah penting yang dapat dilakukan masyarakat saat ini pun dengan menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.


"Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet atau cairan tubuh yang keluar dari hidung maupun mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda dan permukaan atau tangan," terang KadinKes Ngawi, dr. Yudhono


Ia memaparkan, bahwa fungsi masker itu menjadi sangat penting juga sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama ketika berada dikerumunan atau berdekatan seperti di pasar tradisional, stasiun, transportasi umum dan tempat-tempat umum lainnya.


"Masker dapat menghalau atau meminimalisir percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus dan  upaya yang dapat dilakukan saat ini untuk mencegah penularan serta memutus Covid-19 ditambahkannya, adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yaitu Selalu Memakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  dengan air mengalir dan Menjaga Jarak aman," terangnya. (JM)


Post Top Ad

Pasang Iklan Disini