RSUD Jombang Makin Terdepan dengan Sarana Prasarana Lengkap dan Modern Raih Berbagai Prestasi dan Penghargaan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Jumat, 23 Oktober 2020

RSUD Jombang Makin Terdepan dengan Sarana Prasarana Lengkap dan Modern Raih Berbagai Prestasi dan Penghargaan



Jombang, Metro Jatim;

RSUD Jombang terus berkomitmen mendukung tercapainya visi Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. Sejumlah program dibuat untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya Pelayanan  Pra Hospital (PPH) yaitu layanan inovasi unggulan dalam meningkatkan kualitas layanan.


"Pelayanan Pra Hospital adalah layanan pro aktif dengan mendatangi masyarakat. Baik kecelakaan lalu lintas, menjemput kegawatan pasien di rumah, kegawatan atau kecelakaan kerja, bahkan melayani pasien gawat darurat di fasilitas kesehatan lain. Termasuk fasilitasi pelayanan  kegawatan selama perjalanan menuju rumah sakit,” ungkap dr. Pudji Umbaran Direktur RSUD Jombang.


Program ini bertujuan mempercepat dan merespon kegawatdaruratan, menurunkan angka kematian dan kecatatan, serta meningkatkan mutu pelayanan. “Inovasi Pelayanan Pra Hospital (PPH) RSUD Jombang ini juga dukungan untuk kegiatan yang dimiliki Kabupaten Jombang, yaitu PSC (Public Safety Center). Sehingga akan tercipta kolaborasi yang ideal untuk kepentingan masyarakat jombang,” imbuhnya.


Sejalan dengan berbagai inovasi itu RSUD Jombang meraih predikat sebagai rumah sakit dengan Kelulusan Akreditasi Paripurna. Juga rumah sakit terbaik dalam kepatuhan BPJS 2020. “Kami juga mendapatkan nilai indeks pelayanan publik dengan skor 4,27 dan masuk dalam kategori kualitas pelayanan A atau sangat baik tahun 2019,” tambah Pudji. Tidak kalah baiknya untuk nilai kepuasan masyarakat semester I tahun 2020 RSUD Jombang menyandang predikat kategori baik dengan nilai 81,98%, ini mencakup kepuasan layanan di semua jenis pelayanan di RSUD Jombang.


Inovasi lain di RSUD Jombang yaitu Jogkatrok (Pokok segar, Gerakan memungut sampah dan Kawasan Tanpa Rokok) dan Sipeno Mades (Sistem Pendaftaran Online Masuk Desa). Program ini lolos sebagai nominasi ajang bergengsi nasional yaitu Innovative Government Award (IGA) 2020 di Kementerian Dalam Negeri.


“Dengan skor yang membanggakan, 190 untuk Sipeno Mades dan 189 untuk Jogkatrok. Hampir menyamai nilai maksimal di ajang ini 210,” ujarnya.


Paling membanggakan, Direktur RSUD Jombang yaitu dr. PUDJI UMBARAN, MKP juga meraih penghargaan sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional terbaik kedua se-Indonesia. Sebagai rumah sakit Tipe B Pendidikan dengan predikat akreditasi paripurna.


RSUD jombang juga memiliki layanan unggulan lainnya yaitu poli MCU (Medical Check Up) layanan pemeriksaan, General Medical Check Up (GMC), dimana pelayanan kesehatan ini dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit dengan gejala yang sering tidak tampak. Misalnya, hipertensi, diabetes melitus, kelainan lemak, penyakit darah, penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit paru, dan lain-lain. Sehingga penyakit dan komplikasi juga dapat dicegah dan jika dibutuhkan, pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin.


RSUD Jombang juga meningkatkan pelayanan di era new normal. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir untuk berobat dan memeriksakan kesehatan di RSUD Jombang karena sudah sesuai protokol kesehatan.


“Segala sesuatu menyambut new normal sudah kami siapkan, termasuk dalam memberikan pelayanan ini, mulai pendaftaran di IGD maupun di poliklinik, semua sudah ditata untuk mengamankan,” tambah alumnus Kedokteran Unair Surabaya ini. 


Pengamanan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 diperketat. Tidak hanya untuk pasien, tapi pengantar, tenaga kesehatan hingga ruangan yang digunakan untuk pelayanan. “Kita tata sedemikian rupa, baik untuk pasien terdampak Covid-19 maupun yang tidak. Sehingga jangan takut dan bimbang berobat ke RSUD Jombang,” sarannya.


Pengamanan dilakukan dengan desinfektasi secara berkala untuk poliklinik, IGD, ruang tunggu dan area lainnya. Pelayanan dan sarana prasarana juga dilakukan sesuai protokol kesehatan. Sehingga RSUD Jombang kini menjadi tempat yang aman. Pasien yang terpapar mendapatkan pelayanan baik dan pasien yang tidak terpapar juga dijaga keamanannya, agar tidak sampai tertular.


Bahkan untuk kehati-hatian itu, lanjut Pudji, RSUD Jombang menerapkan sistem zonasi pada ruang rawat inap. “Memiliki peralayan medis lengkap dan canggih yang ditunjang tenaga medis profesional. Suasana RSUD Jombang juga sejuk dan nyaman,” tegasnya.


Dengam berkembangnya penyakit dan komplikasi ini juga dapat dicegah dan jika dibutuhkan pengobatan dapat segera dilakukan. “Di era new normal, RSUD Jombang siap menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” pungkas Pudji. (Hasan Daeng)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini