Kades Karangmalang Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Warganya - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Senin, 19 Oktober 2020

Kades Karangmalang Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Warganya

Ngawi, Metro Jatim:
Pemerintah Desa Karangmalang Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi akan melakukan terobosan dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif. Terlebih banyaknya potensi lokal di bidang industri kreatif rumahan yang dimiliki warganya dan bisa dikembangkan demi mendongkrak perekonomian. Seperti kreativitas para perajin yang dimiliki warga Desa Karangmalang Kecamatan Kasreman ini, ada kerajinan lampu hias kaligrafi, kerajinan anyaman plastik, hingga camilan serta kuliner lesehan ayam panggang joglo yang banyak memiliki citra rasa olahan khas ke jawaan. Hal tersebutlah yang tengah dibidik oleh kepala desa setempat dan jajaranya untuk dikembangkan.




Menurut Sardiyanto selaku Kepala desa Karangmalang, "Pentingnya menumbuhkan perekonomian masyarakat diharapkan nantinya bisa menjadi pelopor dalam mendongkrak ekonomi kreatif para pemilik maupun pelaku wirausaha lainya, dan akan dijadikan produk unggulan dikelola bersama masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BumiDes)," tuturnya.



Warga Desa Karangamalang memiliki banyak kreativitas tinggi terutama di bidang seni dan kerajinan yang memiliki nilai jual, kondisi tersebutlah dikembangkan menjadi industri rumahan dan produk-produknya bisa dipasarkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMIDES). "Hasil kreativitas perajin warga desa nantinya akan semakin diminati oleh konsumen lokal maupun luar daerah. Ini merupakan potensi besar yang tidak boleh disia-siakan, yang terus kita kembangkan supaya perekonomian desa makin meningkat dan berkembang. Hal ini tentunya para pengembang industri kreatif yang ada akan disinergikan dengan kegiatan BUMIDes, untuk dukungan modalnya dana bantuan dari pusat dan daerah tentunya setelah melalui kesepakatan bersama dalam musyawarah desa,” pungkasnya. (JM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini