Dispertan Ngawi Gelar Pembinaan & Pelatihan Kerja Masyarakat Kelompok Ternak Sapi - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Senin, 19 Oktober 2020

Dispertan Ngawi Gelar Pembinaan & Pelatihan Kerja Masyarakat Kelompok Ternak Sapi



Ngawi, Metro Jatim;
Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi bidang peternakan memberikan bimbingan dan pelatihan kerja kepada kelompok peternak sapi “Tawangsari” Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe. Kegiatan peminaan dan pelatihan ketrampilan kerja masyarakat tersebut dibiayai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2020. Kegiatan tersebut dihadiri tim teknis dari Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi yaitu kepala bidang budidaya peternakan, kasi perbibitan dan pakan ternak, kasi produksi dan penyebaran ternak, kasi usaha tani peternakan dan tamu undangan Kepala desa Tawangrejo, serta anggota kelompok peternak sapi yang akan menerima bantuan 15 ekor sapi. 



Kegiatan bimbingan dan pelatihan kerja pembuatan pakan ternak ini dimaksudkan para anggota kelompok peternak sapi atau produsen pakan ternak dapat memproduksi pakan ternak sesuai standar kualitas yang ditentukan dan diberikan arahan teknis pemeliharaan dalam memerikan obat-obatan atau vitamin pada ternak sapi. 

Kabid peternakan Indah Alasta Dewi menuturkan, "Pada kegiatan pembinaan ini juga diberikan praktek cara pembuatan pakan ternak yang berasal dari limbah pertanian seperti, bungkil jagung, empok jagung, janggel jagung giling, polar, jas super, limbah padi yang diformulasi dengan tambahan dan pembuatan pakan fermentasi. Terkait hal tersebut para kelompok peternak sapi juga akan diberikan cara pembuatan pakan fermetasi yang sederhana dan mudah didapat bahan limbah pertanian yang banyak didapatkan di daerah masing-masing. Pembinaan serta pelatihan kerja pada masyarakat kelompok ternak sapi berkelanjutan ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam pengembangan ternak sapi di wilayah Kabupaten Ngawi,“ tuturnya. (JM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini