AKSES DESA SUMBER RINGIN KE DESA SUMBERGONDANG AKAN LANCAR BERKAT PISEW KECAMATAN KABUH TAHUN 2020 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Sabtu, 24 Oktober 2020

AKSES DESA SUMBER RINGIN KE DESA SUMBERGONDANG AKAN LANCAR BERKAT PISEW KECAMATAN KABUH TAHUN 2020



Jombang, Metro Jatim;

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus percepat penyaluran Program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) di tengah ketidakpastian perekonomian pada masa Pandemi COVID-19. Pada tahun 2020 dialokasikan anggaran sebesar Rp 11,45 triliun untuk program PKT yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia yang berpotensi menyerap 613.483 tenaga kerja. Saat ini progres penyerapan PKT telah mencapai 27% atau Rp 3,16 triliun dengan tenaga kerja yang sudah terserap sebanyak 186.288 orang.


Program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi. Tujuannya adalah untuk mendistribusikan dana pembangunan hingga ke desa-desa.


Pembangunan infrastruktur kerakyatan dengan skema PKT salah satunya dilaksanakan melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Tahun 2020 pelaksanaan PISEW menjangkau 900 kecamatan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 540 miliar. Sasaran program PISEW sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR No 167/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Lokasi dan Bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2020 yang terbit pada 5 Maret 2020.




Untuk kabupaten Jombang, mendapatkan alokasi anggaran PISEW sebesar Rp. 4.200.000.000,- (Empat Milyar Dua Ratus Juta Rupiah) yang terbagi di 7 (tujuh) wilayah kecamatan masing masing 600 juta rupiah. Untuk Kecamatan Kabuh, anggaran PISEW digunakan untuk membangun infrastruktur jembatan yang sudah rusak yang menghubungkan Desa Sumberringin menuju Desa Sumbergondang. Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat tidak menggunakan kontraktor. Adapun material pembangunan diadakan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada. Saat ini pembangunan jembatan tersebut sudah sampai pada tahap akhir, dan saat Metro Jatim melakukan liputan di lapangan, sekilas bangunan yang dibangun sangat kokoh. Hal ini tidak lepas dari kerjasama yang solid antara unsur PISEW khususnya di Kecamatan Kabuh baik Ketua BKAD, Kepala Desa, Kecamatan Konsultan Pendamping, Timlak Provinsi dan Kabupaten. Semuanya bersinergi demi terlaksananya infrastruktur sesuai dengan sasaran. (Hasan Daeng)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini