PONOROGO TERUS BERJUANG MELAWAN COVID-19 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Jumat, 04 September 2020

PONOROGO TERUS BERJUANG MELAWAN COVID-19


Ponorogo, Metro Jatim;
Indonesia masih terus berjuang melawan virus yang sudah merebak ke seluruh dunia ini. Seperti halnya Ponorogo Jawa Timur juga masih terus berjuang melawan Covid-19. Update terbaru kasus Corona di Kabupaten Ponorogo per tanggal 3 September 2020 ialah 5 sembuh dan ada penambahan 15 kasus positif.

Rincian penambahan pasien sembuh sebagai berikut, kasus no. 218 berasal dari wilayah Tambakbayan-Ponorogo, kasus no. 232 asal Tonatan-Ponorogo, kasus no. 235 asal Sukosari-Kauman, kasus no. 239 asal Poko-Jambon dan kasus no. 242 Kauman-Ponorogo.

Sementara penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 15 orang antara lain:
- Kasus no. 262, Perempuan, 50 th, Ngloning, Slahung. Kasus melakukan PCR test secara mandiri di salah satu RS di Surabaya untuk keperluan ke Hongkong, hasil positif. pulang ke Ponorogo naik travel dan langsung ke RSUD.
- Kasus no. 263, Laki – laki, 50 th, Tonatan, Ponorogo. Tgl 14 agustus pulang dr Jakarta, sesak dan batuk 5 hari, hasil rontgent : pneumonia bilateral.
- Kasus no. 264, Perempuan, 79 th, Jurug, Sooko, pre op fraktur ulna, rapid reaktif
- Kasus no. 265, Laki – laki,  54 th.  Ngabar, Siman Kasus mau ke luar kota rapid mandiri reaktif. 
- Kasus no. 266, Laki – laki, 67 th, Purwosari, Babadan. datang ke RS dg keluhan batuk sesak meriang, tidak ada riwayat bepergian.
- Kasus no.  267, Laki – laki , 52 th, Babadan. datang ke RS dg keluhan lemes keringat dingin, tdk mau makan minum, demam, batuk, riwayat Diabetes Mellitus, pekerjaan sopir bus. 
- Kasus no. 268, Perempuan, 34 th, Bangunsari, Ponorogo. kontak erat Kasus no. 259
- Kasus no. 269, Laki – laki, 33 th, Banyudono, Ponorogo kontak erat Kasus no. 259
- Kasus no. 270, Perempuan, 49 th, Munggung, Pulung. sebulan lalu pulang dari surabaya, rapid test mandiri utk persyaratan kembali ke surabaya hasil reaktif
- Kasus no. 271, Laki – laki , 38 th, Temon, Sawoo. rapid mandiri reaktif
- Kasus no. 272, Laki – laki , 33 th, Tegalrejo, Pulung, rapid mandiri reaktif
- Kasus no. 273, Laki – laki , 49 th, Banyudono, Ponorogo , kontak erat Kasus no. 259
- Kasus no. 274, Perempuan, 45 th, Ngrukem, Mlarak, tanggal 21 dtg dari batam, rapid mandiri reaktif.
- Kasus no. 275, Laki – laki, 25 th, Tambakbayan, Ponorogo,  kontak erat Kasus no. 250
- Kasus no. 276, Perempuan, 51 th, Tambakbayan, Ponorogo, kontak erat Kasus no. 250.

Bupati Ponorogo berpesan, "Kita harus tetap waspada. Karena virus ini belum benar-benar hilang. Mari saling menjaga, saling peduli, saling melindungi untuk mewujudkan Ponorogo merdeka dari corona," ujarnya.

Berikut tips untuk aman dari virus corona saat harus beraktifitas di luar rumah:
- Cukup siapkan beberapa helai masker kain di tasmu lalu disiplin pakai masker dengan benar dan tepat. Tidak lupa pula selalu jaga jarak dan rutin cuci tangan pakai sabun.
Di samping itu, tidak kalah pentingnya:
- Tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga, gembira dan berpikir positif, makan dengan makanan yang bernutrisi dan istirahat yang cukup.
- Terapkan extra disiplin terhadap protokol kesehatan, jika terpaksa harus pergi/pulang dari zona merah.
- Berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu tingkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga dari zona merah. Aktifkan peran satgas covid-19 yang ada di desa/kelurahan untuk membantu upaya pemutusan rantai penularan di lingkungannya. Jika terpaksa harus tetap bekerja atau melakukan kegiatan di luar rumah, ingat, saat kembali ke rumah, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga lain sebelum mandi. Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen. Jangan menggantung pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah. Bersihkan handphone, tas, benda lain yang anda bawa dari luar dengan disinfektan. 

Update terakhir kasus covid-19 di Kab. Ponorogo ialah dengan pasien sembuh 226 orang, meninggal 8 orang, isolasi 42 orang. Jadi seluruhnya berjumlah 276 kasus. Dari total 276 kasus tersebut, terdiri dari kelompok kasus yaitu:
- Gontor 2 = 86 (Sembuh 86)
- Riwayat Surabaya = 26 (Sembuh 21, Meninggal 3)
- Temboro = 13 (Sembuh 13)
- Ronowijayan 1 = 13 (Sembuh 13)
- Ronowijayan 2 = 7 (Sembuh 7)
- PPIH Sukolilo = 8 (Sembuh 8)
- Panjeng = 4 (Sembuh 4)
- Lain-lain  = 119 (Sembuh 74, Meninggal 5)

"Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Aamiin YRA. MARI BERSATU BERJUANG MELAWAN COVID 19," tutup Bupati Ponorogo.


Ditulis Journalis Metro Jatim Pers 
KP Dharmanto Soeryonegoro.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini