PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN RSUD JOMBANG BERJALAN SESUAI PROTOKOL KESEHATAN - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Rabu, 05 Agustus 2020

PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN RSUD JOMBANG BERJALAN SESUAI PROTOKOL KESEHATAN


Jombang, Metro Jatim;

Dalam pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban hari Sabtu tanggal 1 agustus 2020 dalam rangka meratakan Idul Adha 1441H/2020 yang dilaksanakan disebelah utara belakang RSUD Jombang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara ini dibuka langsung oleh direktur RSUD Jombang dr. Puji Umbaran, M.K.P.

Ada sejumlah aturan terkait protokol kesehatan yang dijalankan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19.

"Dalam pelaksanaan kurban tahun ini kita harus memperhatikan tiga pokok yaitu kesehatan dari hewan yang akan di kurbankan, proses penyembelihan dan distribusi daging kepada yang membutuhkan," ujar dr puji.

Pelaksanaan penyembelihan hewan di sebelah utara belakang RSUD Jombang ini, terdiri dari 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing selalu memperhatikan beberapa hal terkait kebersihan.

Beberapa perihal kebersihan yang dimaksud diantaranya adalah Petugas berada di area penyembelihan dan penanganan daging dan jeroan harus dibedakan.

Setiap orang harus menggunakan alat pelindung diri yaitu masker, sarung tangan, serta apron selama di fasilitas pemotongan kurban.

Lebih lanjut, Petugas yang melakukan pengulitan, penanganan dan pencacahan karkas atau daging dan jeroan harus memakai alat pelindung diri seperti masker,  sarung tangan sekali pakai, apron dan penutup alas kaki atau sepatu.

Penanggung jawab kegiatan kurban mengedukasi setiap orang untuk menghindari menyentuh muka termasuk mata, hidung, telinga dan mulut.

Penanggung jawab kegiatan kurban menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer.

Masih dalam perihal kebersihan, Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung serta memperhatikan etika batuk, bersin atau meludah.
Setiap orang juga harus melakukan pembersihan tempat pemotongan dan peralatan yang akan maupun telah digunakan serta membuang kotoran dan atau limbah pada tempat khusus pembuangan limbah.

Setelah acara pemotongan nantinya semua panitia juga harus membersihkan diri sebelum melakukan kembali dan kontak dengan keluarga di rumah.

Selain itu, sebelum pemotongan berlangsung, wajib dilaksanakan pemeriksaan kesehatan awal yaitu
melakukan pengukuran suhu tubuh di tiap pintu masuk tempat pemotongan.

Beliau menyampaikan "Semoga acara ini membawa kita menjadi insan yang selalu bertaqwa kepada Alloh SWT,  dan menambah rasa kesabaran dan keikhlasan kita semua".

oleh : Hasan Subianto/Daeng

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini