Desa Kupuk Adakan Sedekah Bumi Serta Doakan Pandemi Corona Segera Sirna - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Minggu, 19 Juli 2020

Desa Kupuk Adakan Sedekah Bumi Serta Doakan Pandemi Corona Segera Sirna


Ponorogo, Metro Jatim;

Sabtu, (18/07) Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo yang di dipimpin oleh Agustino, S.Pd., Kepala Desa adakan Sedekah Bumi Merti Desa dengan Ruwatan Wayang kulit dan ritual sesaji budaya kejawen dari warisan nenek moyang.

Disertai dengan doa pada Tuhan Yang Maha Esa agar Desa dan masyarakatnya tetep ayem tentrem dan bebas dari marabahaya pagebluk mayangkoro pandemi Covid19. Dalam doanya ialah virus yang sudah mendunia tersebut agar segera minggat dari bumi Nusantara yang tercinta ini dengan ala sesaji komplit sesuai pakem.


Upacara Ritual adat ini dilaksanakan pada komplek Beji Sendang Tunggul Wulung  di Desa tersebut. Doa urutan Ritual di awali Kepala Desa dan diteruskan oleh Kyai  Sesepuh Desa yang dihadiri oleh masyarakat desa setempat  dan Undangan pejabat Aparat Kecamatan Bungkal.

Dilanjutkan dengan Pagelaran wayang kulit, diisi oleh pentas dua dalang yaitu Kidalang Ki Yitno Gondo Carito dan Ki  Purbo Sasongko  dengan mengambil lakon "Praba Kesuma Tandang  (Sri Mulih)"

Juga terdapat lomba mancing  bertempat di Taman Wisata Beji Sendang Tunggul Wulung Desa Kupuk.

Kepala desa Kupuk berharap setelah diruwat sengkolo murwakala seluruh masyarakat desa setempat bisa lebih aman bebas bencana apapun "tansah pinayungan" sehat,  berkah, murah rejeki dan  bimbingan Yang Maha Esa.

Kepala Desa Kupuk juga memaparkan bahwa acara ini diagendakan setiap tahun dengan ritual yang sama.
(Oleh : KP Dharmanto Soeryonegoro)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini