Gelombang Setinggi 5 Meter Hancurkan Bangunan Di Pesisir Pantai Selatan Jember - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 28 Mei 2020

Gelombang Setinggi 5 Meter Hancurkan Bangunan Di Pesisir Pantai Selatan Jember


Jember, Metro Jatim;
Gelombang besar setinggi kurang lebih 5 meter mengakibatkan banjir rob di kawasan pesisir Pantai Pancer Puger dan Pantai Payangan atau lebih dikenal dengan Teluk Love di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Akibat dari gelombang ini, pada hari Rabu kemarin (27/05/2020) membuat puluhan tempat usaha yang ada di Pantai Payangan atau yang lebih di kenal Teluk Love tepatnya di RT/RW 03/38 Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember rusak parah.

Selain mengakibatkan banjir rob, bencana yang terjadi di lokasi wisata andalan Jember ini berdampak pada sebagian pemukiman warga dan tempat usaha, terutama warung makanan dan minuman di Pantai Payangan. Beruntung dalam bencana alam tersebut tidak memakan korban baik luka maupun meninggal dunia, karena pada saat kejadian pantai wisata Payangan dalam kondisi sepi pengunjung, akibat penutupan tempat wisata karena situasi pandemi korona. 

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember menyebutkan jika gelombang besar mulai terjadi sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Meski banjir rob mulai mereda akibat laut surut, warga nelayan di sana tetap waspada tinggi, untuk antisipasi bencana susulan datang dengan menjauhi lokasi bencana.

BPBD merinci, kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir rob adalah beberapa tempat usaha maupun pemukiman warga mengalami kerusakan, yakni 2 gudang lobster (tempat usaha) milik M. Syahri rusak berat, 1 rumah tak layak huni milik Buari miring di terjang banjir rob. 

Dilaporkan pula, 1 rumah rusak ringan milik Jumina dan yang lebih parah lagi 23 warung rusak, dengan keterangan 8 warung sudah tidak dihuni serta 3 warung rusak berat, sedangkan 12 warung  lainnya rusak ringan. (yan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini