Angka Positif Covid-19 di Lumajang Bertambah Lagi Menjadi 27 Kasus - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 09 Mei 2020

Angka Positif Covid-19 di Lumajang Bertambah Lagi Menjadi 27 Kasus


Lumajang, Metro Jatim;

Data warga yang terinfeksi COVID-19, di Kabupaten Lumajang angkanya terus bertambah. Kini umlahnya menjadi 27 orang.

Perihal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lumajang, dr. Bayu Wibowo, dalam Konferensi Pers di Ruang Lobby Kantor Bupati, Sabtu (09/05/2020) malam ini.

Dokter Bayu menjelaskan, bahwa tambahan satu orang yang terkonfirmasi Positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab dari Provinsi Jawa Timur. Pasien baru itu, adalah seorang laki-laki warga Kecamatan Jatiroto, dengan riwayat, sebelumnya melakukan perjalanan dengan naik kendaraan umum dari Surabaya.

Sementara itu, warga yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya juga bertambah menjadi 71 orang. Sedangkan yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 342 orang.

Memperhatikan terus bertambahnya pasien COVID-19 di Kab. Lumajang, Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tersebut menghimbau, agar masyarakat tetap patuh dan disiplin dengan himbauan Pemerintah. yaitu menjalankan protokol kesehatan.

Sebab penularan virus saat ini, sudah melalui orang tanpa gejala (OTG). Mereka kelihatannya sehat tetapi menularkan virus.

Ia mengingatkan kembali, agar warga masyarakat tetap mengenakan masker saat keluar rumah, jaga jarak dengan orang lain (phisycal distancing), cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir sesering mungkin.

Dalam kesempatan itu dr. Bayu juga menyampaikan jumlah pasien yang dinyatakan telah sembuh, sebanyak 4 orang.

"Jumlah angka yang kami sampaikan ini adalah akumulasi dari awal hingga sekarang," ujarnya.

Masih Dokter Bayu menegaskan, bahwa pasien COVID-19 bisa sembuh melalui usaha bersama, dengan tetap menjaga emosional pasien secara baik untuk mempercepat proses penyembuhan.

"Perlu pengertian dan kerjasama semua pihak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 ini," pesannya.

Sehubungan dengan itu Kepala Dinas Kesehatan juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Lumajang menerima bantuan peralatan kesehatan dari Pusat sebanyak 60 unit untuk penanganan COVID-19. (Abd. Halim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini