Shahril Mubarok, Kades Krai Adakan Selamatan Desa - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 23 Februari 2020

Shahril Mubarok, Kades Krai Adakan Selamatan Desa


Lumajang, Metro Jatim;

Masyarakat desa Krai kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang berduyun-duyun memadati balai desa untuk menghadiri acara selamatan desanya.

Pada hari Jum'at, (21/02) kepala desa Krai mengadakan selamatan bertujuan supaya di desanya  dan umumnya semua warganya bisa selamat baik dari bencana dari luar maupun dari dalam desa itu sendiri serata selalu dapat lindungan dari Alloh subhanahu wataala.

Kepala desa Krai Shahril M. menjelaskan, "Saya  mengadakan  selamatan ini bertujuan untuk  demi masyarakat saya sendiri  dengan  memanjatkan do’a demi kesejahteraan dan kemakmuran desa, acara ini juga diharapkan bisa masyarakat saya  terhibur," terangnya.

Selepas sholat Jum'at, siangnya  acara selamatan desa dimulai dengan diisi  kesenian reog dari kelompok seni reog Gajayana Muda Yosowilangun.

Dengan diadakannya kesenian reog dipilih selain  memberikan hiburan juga untuk menjaga kebudayaan kesenian  lokal agar tetap hidup dan berkibar di daerah daerah.

Sahril menilai, manfaat yang bisa diambil dalam menjaga kearifan kesenian lokal adalah membuat masyarakat lebih menghargai kebudayaannya sendiri. “Maksudnya adalah masyarakat mulai timbul rasa citna dan menghargai kebudayaan yang dimiliki atau pola pikir nenek moyang jaman dulu,” jelasnya.

Selanjutnya masyarakat setempat bisa  mengetahui kebudayaannya, dalam arti   masyarakat lebih  mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan yang beraneka ragam, mereka mencoba mempelajari kebudayaan tersebut dengan rasa mendalam tanpa ada yang terlewatkan.

Kegiatan selamatan ini di hadiri Kapolsek Yosowilangun beserta jajarannya, anggota koramail dari Yosowilangun Muspicam Yosowilangun serta satgas dari setempat.

Imbuh Shahril menjelaskan, "Bahwa hal ini bisa  menanamkan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat khususnya para  seniman dan seniwati, jika kita melestarikan kebudayaan yang kita miliki mencoba memperkenalkannya maka kebudayaan tersebut lama kelamaan akan dikenali masyarakat di dunia dan semakin dicaritahu lebih dalam,” ungkapnya.

Kades Krai (Shahril), Kapolsek Yosowilangun( AKP Suhari SH)

"Kapolsek Yosowilangun yang hadir pada acara tersebut turut mendoakan agar supaya masyarakat Krai bisa aman dan sejahtera terhindar dari tindak kriminalitas baik datangnya dari luar maupun dari dalam desanya sendiri," pungkasnya.
(Abd Halim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini