PWI Jember Angkat Bicara, Terkait Bupati Lumajang Diduga Melecehkan Profesi Wartawan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 01 Februari 2020

PWI Jember Angkat Bicara, Terkait Bupati Lumajang Diduga Melecehkan Profesi Wartawan

Ketua PWI Jember bersama divisi Advokat PWI Jember

Lumajang, Metro Jatim;

Pasca dilaporkannya Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Polres Lumajang terkait dugaan pelecehan terhadap salah satu Wartawan harian ternama terbitan Jember "MT"  beberapa waktu yang lalu, mendapat tanggapan serius dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember.

Ketua PWI Jember Sigit Edi Maryanto melalui Sutrisno, divisi advokasi pada Jum'at,  (31/01/2020) menyampaikan bahwa pihaknya sudah menerima laporan dari pihak managemen MT dan pihaknya akan melakukan pendampingan jika prosesnya terus berlanjut.

"Terkait laporan wartawan MT kepada PWI Jember, kami akan menindak lanjuti oleh karena itu PWI Jember menyatakan sikap, Kami melindungi profesi anggota dan mengecam keras pernyataan Bupati Lumajang yang mengeluarkan kata - kata serangan personal dan serangan terhadap profesi wartawan, sebagai pejabat publik semestinya Bupati Lumajang bisa bersikap bijaksana, ketika menyikapi pemberitaan. Seharusnya fokus pada konten beritanya apa yang mau dipersoalkan bukan malah menyerang personal dan profesi wartawan," ungkapnya.

"Wartawan MT bagian dari PWI Jember sehingga kami secara kelembagaan berkewajiban untuk mengadvokasi yang bersangkutan, masalah pemberitaan semestinya Bupati Lumajang memakai hak jawab, memakai klarifikasi sebagai hak untuk keseimbangan pemberitaan bukan malah bersikap primitif dengan kata-kata kotor," imbuh Sutrisno.

Lebih jauh Sutrisno menyampaikan bahwa pihaknya sudah mendapat rekaman saat Bupati Lumajang menyampaikan kata-kata penyerangan terhadap personal wartawan dan profesi wartawan saat melakukan press release di kantor PKB Lumajang.

MT saat proses pelaporan Bupati Lumajang di Polres Lumajang

"Kami sudah mendapatkan rekamannya pada saat press release beberapa waktu yang lalu, bukti itu kata - kata kasar yang disampaikan oleh Bupati Lumajang sangat merendahkan personal dan profesi wartawan, oleh karena itu PWI Jember mendukung penuh atas pelaporan wartawan MT kepada Polisi untuk melindungi harkat dan martabat pribadi dan profesinya, PWI Jember memberikan peringatan keras kepada Bupati Lumajang agar mempunyai sikap respek sebagai pejabat publik," pungkasnya. (Abd Halim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini