Ini Pengakuan Beberapa Kepala Desa di Kecamatan Pesanggaran Tentang CSR, Bantuan Motor PT BSI - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Kamis, 26 Desember 2019

Ini Pengakuan Beberapa Kepala Desa di Kecamatan Pesanggaran Tentang CSR, Bantuan Motor PT BSI

Foto Istimewa

Banyuwangi, Metro Jatim;

Masyarakat lima desa di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi kini tersenyum lega, bukan hanya lantaran CSR (corporate social responsibilty) PT Bumi Suksesindo (PT BSI) telah mendorong percepatan pembangunan kampung halaman.

Tapi perusahaan tambang emas terbesar kedua di Indonesia ini juga telah menyalurkan bantuan motor kepada tiap pemerintah desa di Kecamatan Pesanggaran. Meliputi, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Sumbermulyo, Sarongan dan Kandangan.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Sarongan, Gunoto. Menurutnya, keberadaan PT BSI telah memberi manfaat pada daerahnya.

"Guna menunjang kinerja pemerintah desa, kita diberi bantuan motor. Bukan atas nama Kades, tapi murni untuk kinerja pemerintah desa," katanya, Kamis (26/12/2019).

STNK motor bantuan, lanjut Gunoto, juga telah dia terima.

Untuk CSR, tahun 2019, Desa Sarongan, telah menerima Rp 465 juta dari PT BSI. Yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan Mushala, gedung kelembagaan desa serta kegiatan pemberdayaan masyarakat.

"Itu belum yang CSR langsung ke masyarakat, biasanya disalurkan langsung ke kelompok sesuai proposal yang diajukan," gamblangnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Kades Sumbermulyo, Subali. Terkait bantuan motor, dirinya mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT BSI terhadap peningkatan pelayanan masyarakat didesa ring satu.

"Kalau ada yang bilang itu gratifikasi, itu tidak benar. Motor itu bukan untuk Kades, tapi untuk pemerintah desa, sebagai penunjang kinerja pelayanan," ungkapnya.

Prosedur pemberian bantuan, masih Subali, juga sudah dikonsultasikan dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi. Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Inspektorat Banyuwangi.

"Surat-surat kelengkapan juga ada," cetus Subali.

Dengan berbagai kontribusi PT BSI terhadap masyarakat Banyuwangi, khususnya daerah ring satu, Subali berharap kedewasaan dari para pihak. Terutama yang berkaitan dengan penyebar luasan kabar.

"Sebagai masyarakat yang baik, mari kita sampaikan sesuai fakta, agar masyarakat bisa menerima informasi yang benar," katanya.

Selain bantuan motor, sambungnya, tahun 2019, seluruh desa ring satu juga mendapat aliran dana CSR dari PT BSI. Belum lagi yang langsung diserap masyarakat melalui proposal tiap kelompok.

Seperti diketahui, jenis motor yang diberikan oleh PT BSi adalah, Desa Sumberagung, Honda PCX, Desa Pesanggaran, Yamaha N - Max, Desa Kandangan, Yamaha N - Max, Desa Sarongan, Kawasaki KLX, Sumbermulyo Kawasaki KLX. (AGUS SALIM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini