"COD" Kosmetik Ilegal di Tulungagung - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 11 November 2019

"COD" Kosmetik Ilegal di Tulungagung


Tulungagung, Metro Jatim;

(11/11/2019) promo-promo kosmetik ilegal secara online dan pengirimannya melalui COD, harga kosmetik tanpa lisensi dari BPOM bervariasi dengan kisaran harga 20 ribu Rupiah sampai 50 ribu Rupiah. Produk kosmetik tersebut diantaranya krim wajah, sabun wajah, sabun mandi dan lain lain. 

Jual beli berbagai macam kosmetik ilegal telah mulai tersebar luas di kalangan muda, berbagai merk kosmetik ilegal dipromosikan melalui online dan antusias masyarakat pun berbeda beda untuk menanggapinya. 

Target penjualan produk kosmetik ilegal ini kebanyakan para remaja putri, dengan harga terjangkau mereka pun meminatinya akan tetapi belum mengerti akan bahayanya kosmetik ilegal tersebut. 

Jika kandungan bahannya dari kosmetik ini terdapat bahan berbahaya seperti merkuri yang tinggi, timbal maka akan sangat membahayakan kulit. Berbagai opini dari masyarakatpun bermunculan diantaranya salah satu warga yang enggan disebutkan namanya berkata "Dengan adanya peredaran kosmetik ilegal yang santer saat ini saya berharap agar lebih ditertibkan. Dikarenakan belum adanya izin BPOM dan DEPKES serta kandungan bahannya yang belum diketahui apakah bisa membahayakan kulit atau tidak," ucapnya.


Hukuman pidana dapat diterapkan dengan acuan pada UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan). Pasal 197 UU 36/2009 yang menyebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah). (Rahmad Irfani)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini