SDN 1 SERUT Lakukan Penarikan Biaya LKS - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 20 September 2019

SDN 1 SERUT Lakukan Penarikan Biaya LKS


Tulungagung, Metro Jatim;

Kebijakan sekolah yang mewajibkan orang tua siswa untuk membeli lembar kegiatan siswa (LKS)  dengan harga 35 ribu rupiah  dilakukan SDN 1 Serut Tulungagung. 

Salah satu guru yang enggan disebutkan namanya berkata, "Di SDN 1 SERUT memang ada penarikan biaya untuk membeli LKS seharga 35 ribu rupiah untuk tiap siswa," ucapnya.

Fenomena di sekolah terkadang  hal seperti ini dengan mudah dapat ditemukan di sekolah negeri dan terjadi hampir disetiap daerah, kebiasaan ini sebenarnya sudah berlangsung lama meski telah dilarang melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan .

Untuk itu perlu langkah preventif guna menangkal pungli yang masih kerap terjadi pasca PPDB, antara lain mendorong partisipasi masyarakat dan komite sekolah memperkuat pengawasan. 

Selain itu pihak dinas pendidikan tidak segan memberikan sanksi tegas bagi sekolah yang masih mempraktekkan kebiasaan lama yang koruptif tersebut. Jika disekolah ada terbukti ada korupsi maka pimpinanya harus dipecat karena hal ini akan menodai 
Institusi pendidikan.

Kepala sekolah SDN 1 SERUT tidak ada ditempat saat tim investigasi berkunjung pada Kamis, 19 September 2019 ke sekolahan, akan tetapi terdapat tiga guru yang lagi berada di ruang kantor. 


Ketiga guru tersebut berkata "Kami hanya ikut keputusan dari kepala sekolah dan komite sekolah kalau mengenai penarikan biaya untuk LKS siswa," ujar mereke.

"Buku LKS ini adalah satu satunya buku yang bisa menunjang latian siswa untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran mereka," ucap salah satu guru yang enggan disebutkan namanya. (RAHMAD IRFANI)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini