Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Sabtu, 17 Agustus 2019

Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi


Trenggalek, Metro Jatim;

Dalam merangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Pendopo “Manggala Praja Nugraha”  Sabtu (17/8/2019). 

Kemudian dalam upacara memperingati detik - detik proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke 74 pengibaran bendera sang saka merah putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Trenggalek. 

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 mengusung tema "74 tahum Menuju Indonesia Unggul". Bertindak sebagai inspektur upacara proklamasi detik-detik Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, H Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek. 


Mengawali dimulainya upacara bendera ini, dibunyikan sirine detik-detik proklamasi oleh petugas, serta pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek Drs. Samsul Anam, MM.

Selain Bupati, upacara ini juga diikuti, Forkopimda, Mantan Bupati dan Wakil Bupati, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD, Semua Pejabat dilingkup Pemkab. Trenggalek bersama istri, Instansi kedinasan, pelajar atau tokoh masyarakat.

Detik-detik Proklamasi ini memuat Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bermartabat dan tidak dapat dibelenggu dari negara lain. Para pendahulu kita telah berjuang mati-matian untuk merebut kemerdekaan. 

Mereka rela kucurkan darah atau tetesan air mata nyawa, untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, atas dorongan para pemuda Proklamator kita Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia di mata dunia. Karena kita Negara tercinta Indonesia, dibahas oleh dunia sebagai negara yang merdeka, berdaulat dan bermartabat.

Dalam upacara detik-detik proklamasi ini Sang Saka Merah Putih berhasil dikibarkan dengan sempurna oleh Paskibraka Trenggalek tahun 2019. Setelah pengibaran bendera dan doa Inspektur upacara dibuka untuk duduk di kursi kehormatan. Para tamu undangan dihibur dengan obade yang dipersembahkan oleh Paduan Suara "Bahana SMADA Jaya Trenggalek".


H. Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek saat dikonfirmasi setelah upacara detik-detik proklamasi di Pendapa Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek berpesan, "Selamat dirgahayu semuanya terus maju indonesia, kita harus tetap berjuang, perjuangan belum selesai meskipun kita sudah merdeka karena masih banyak yang harus kita merdekakan, baik dari sisi ekonomi sosial, terus berperanlah untuk masyarakat," ungkapnya. (Hard/Sum)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini