DPRD Kabupaten Jombang Terima Kunker DPRD Kabupaten Sragen dan Magelang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Kamis, 15 Agustus 2019

DPRD Kabupaten Jombang Terima Kunker DPRD Kabupaten Sragen dan Magelang


Jombang, Metro Jatim;

DPRD Kabupaten Jombang menerima Kunjungan Kerja dari Rombongan DPRD Kabupaten Magelang dan rombongan dari Kabupaten Sragen di terima oleh Mulyani Puspita Dewi anggota dewan komisi A. didampingi Kepala Bagian Perundang-Undangan DPRD Kabupaten Jombang Johan Budi Widyatmoko (19/7).

Anggota dewan Komisi A DPRD Kabupaten Jombang Mulyani Puspita Dewi mengatakan tujuan kunjungan kerja yaitu studi banding mengenai  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan masalah Perusahaan Daerah Jombang. katanya

Lanjut Dewi, Perusahaan Daerah Jombang dengan istilah Badan Usaha Milik Daerah diantaranya ada Bank Jombang, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Kencana, Perkebunan Pangklungan Wonosalam dan Apotik Seger. Perusahaan Daerah Jombang sudah ada perubahan kelembagaannya seperti kalau di sini sudah di Bank Jombangnya, namun keadaannya harus ada perhatian khusus dari pemerintah daerah. Mudah-mudahan setelah ada perubahan kelembagaan ini, harapannya ada perubahan yang signifikan, pendapatan asli daerah bisa meningkat di Kabupaten Jombang. Sedangkan di kabupaten Magelang sana juga demikian, harus ada perhatian khusus, tentunya masih ada suntikan dana dari pemerintah daerah.

Sementara itu Suparno Wakil Ketua Komisi II dari Kabupaten Sragen Melakukan study banding tentang penataan UMKM dan penataan pasar tradisional, salah satu alasan kenapa harus kita study bandingkan dengan Jombang bahwa kami menyadari di pemerintah Kabupaten Sragen tentang penataan UMKM masih ada hal-hal yang tidak sesuai targetnya.

"Dalam hal study banding ini kita membawa anggota 10 orang, dari PDIP 3 orang, Golkar 2 orang, Gerindra 1 orang, PKS 2 orang dan dari PPP 1 orang. Harapan kami dengan dasar study banding ini pengalaman-pengalamanya nanti akan kita bawa dan terapkan di sana, kita tata dalam rangka pembahasan APBD tahun 2020," ujarnya.

"Target kita di tahun 2020 tentang UMKM adalah diantaranya menghidupkan kembali UMKM, ekonomi mikro maupun makro dan tentu mengarah pada sebuah kesejahteraan dan juga masalah pendapatan masyarakat," lanjutnya.

Ditempat sama Ketua komisi II DPRD kabupaten Magelang Wafiroh mengatakan, tujuan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Jombang untuk melakukan studi banding dalam rangka untuk melihat kondisi Badan Usaha Milik Daerah di Jombang. Perusahaan Daerah Jombang sudah maju, baik dan profesional, seperti Bank Jombang sudah meraih predikat BPR terbaik bintang 4 di Jawa Timur dengan aset di atas Rp 100 miliar dan Bank Daerah Jombang kembali berhasil menyabet dua penghargaan dalam ajang TOP Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2019. Penghargaan lainnya BUMD di Kabupaten Jombang, PDAM Tirta Kencana mendapatkan 2 penghargaan sekaligus di tingkat nasional yaitu TOP CEO Bidang Budaya Integritas dan TOP Improvement BUMD 2019.

Menurutnya, "Dengan kemajuan BUMD kabupaten Jombang sudah ada dan meraih penghargaan nasional, kami datang untuk studi banding dan belajar karena sementara di tempat kami belum begitu maju seperti di Jombang. Kondisi hampir sama antara kabupaten Jombang dengan kabupaten Magelang baik dari aspek APBD dan PAD, tetapi hal ini sudah menjadi hal Perusahaan Daerah yang sesuai dengan undang-undang tahun 2017," ungkapnya.

Dari kunjungan tersebut, "Saya berharap BUMD yang ada di kabupaten Magelang bisa menjadi lebih maju, baik dan profesional karena tanpa melihat daerah lain belum bisa mengukur kemampuan di kabupaten Magetan sudah baik atau belum, tetapi jika sama-sama melihat BUMD di wilayah lain dari berbagai aspek untuk bisa mendukung kemajuan Perusahaan Daerah di Kabupaten Magelang," pungkas Wafiroh. (Hasan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini