Dinas Pertanian Kabupaten Magetan Giatkan Pembangunan JITUT Di Area Persawahan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Jumat, 23 Agustus 2019

Dinas Pertanian Kabupaten Magetan Giatkan Pembangunan JITUT Di Area Persawahan


Magetan, Metro Jatim;


  • Dinas Pertanian Kabupaten Magetan terus upayakan pembangunan saluran irigasi Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT), demi mendukung para Petani di Magetan, dalam rangka meningkatkan hasil produksi pertanian dan ketahanan pangan.

Air merupakan salah satu faktor penentu (determinan) dalam proses produksi pertanian. Oleh karena itu investasi irigasi menjadi sangat penting dan strategis dalam penyediaan air untuk pertanian.

Dalam memenuhi kebutuhan air untuk berbagai keperluan usaha tani, maka air harus diberikan dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat.

Ir.Eddy Suseno Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Magetan menyampaikan kepada awak media di ruangannya, "Keberhasilan swasembada beras, tidak terlepas dari peran besar pembangunan dan pengembangan sarana irigasi baik ekstensif maupun intensif. Untuk itu, melalui Dinas Pertanian senantiasa berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pertanian dimaksud. Upaya itu diantaranya dengan meluncurkan proyek Jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT)," jelasnya.

Tujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan irigasi desa jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi. Meningkatkan perluasan areal tanam,indek pertanaman dan produktivitas.Serta, membangun rasa memiliki terhadap jaringan irigasi yang telah direhabilitasi.

Selain itu,untuk mempercepat transportasi sarana produksi dan alat mesin pertanian dari kawasan pemukiman (dusun dan desa) ke lahan usaha tani. Mempercepat pengangkutan produk pertanian dari lahan usaha menuju sentra pengolahan dan pemasaran.

Upaya lainnya, adalah dengan membangun atau merehab jalan usaha tani. Jalan usahatani adalah suatu prasarana transportasi didalam kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan) guna memperlancar pengangkutan sarana produksi, hasil produksi dan mobilitas alat mesin pertanian.

Masih menurut Eddy, "Sasaran  JITUT untuk kegiatan pembangunan atau merebah jalan usaha tani pada sentra produksi komoditas tanaman pangan, hortikultura dan peternakan yang juga diintegrasikan dengan kegiatan pembangunan pertanian," paparnya.

Berdasarkan data yang diperoleh awak media ini Tahun 2019 ada 13 titik lokasi  yang menerima bantuan JITUT di tujuh Kecamatan di Kabupaten Magetan.

Dalam pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan oleh Gapoktan secara swadaya masyarakat, salah satunya ada di Kecamatan Poncol. (Lutfi)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini