Desa Sidorejo Kecamatam Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Gelar Sedekah Bumi Bersih Desa - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Senin, 12 Agustus 2019

Desa Sidorejo Kecamatam Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Gelar Sedekah Bumi Bersih Desa


Bojonegoro, Metro Jatim;

Hari ini Senin wage, (12/08/2019) warga Desa Sidorejo Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro sedang memiliki Hajat "Sedekah Bumi". Tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun yang senantiasa dilestarikan oleh warga setempat.

Diisi dengan ritual Doa bersama dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat kesehatan, nikmat Panen yang berlimpah dan nikmat dijauhkan dari segala musibah, Doa dilakukan secara Hikmat dan dipimpin oleh Suprapto yaitu modin atau sesempuh desa Sidorejo.

Acara ini dilanjutkan dengan langen Tayup Taruno Budoyo  pimpinan Bpk. Rakimo dari Jono, dengan Pramugari handal Aris/Gomblok dan Sinden  yang cantik - cantik yaitu Nyi Priati, Nyi Tutik berasal dari Bojonegoro.

Warga desa Sidorejo berbondong-bondong dengan penuh suka cita mendatangi keramat/punden Sumur Budak, dilangsungkannya hiburan langen Tayub, malamnya diteruskan di pendopo desa.

Acara langen Tayub sangat meriah karena karena warga desa Sidorejo yang kerja diperantauan menyempatkan pulang kampung untuk merayakan acara yang dilaksanakan setiap setahun sekali atau pada bulan besar.

Ditemui disela-sela kegiatan ini Sri Murtianingrum, Kepala Desa Sidorejo menjelaskan, bahwa acara ini dihadiri para undangan dari Kepala Desa Sidorejo yaitu Muspika Sukosewu, Polsek sukosewu, Koramil Sukosewu, RT/RW, Linmas, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan ratusan warga.


"Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun, ya, tujuannya sedekah bumi. Kalau boleh dikatakan momen trasidi nenek moyang yang paling seru. Pada acara ini terasa suasana meriah dan kegembiraan yang lebih," ujar Kades terpilih Desa Sidorejo. (Gik, Aditiya)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini