Nyadran Bersih Dam Bagong Disambut Warga - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Jumat, 19 Juli 2019

Nyadran Bersih Dam Bagong Disambut Warga


Trenggalek, Metro Jatim;
Warga lingkungan Bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Jawa Timur menyambut prosesi upacara bersih Dam Bagong dengan antusias. Hal ini dilakukan karena dinilai sakral serta sudah agenda setiap tahun, serta mengenang jasa  Ki Ageng Menak Sopal yang berhasil membangun pusat irigasi persawahan di Kabupaten Trenggalek. Sebelum prosesi upacara dilakukan, warga lingkungan Bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Jawa Timur berkumpul bersama para petani untuk arak arakan melempar kepala kerbau di Dam Bagong. 

Ketua RT 015 RW 005 Sumilih saat dikonfirmasi menuturkan, warga lingkungan sangat mensuport adanya kegiatan bersih Dam Bagong dengan gotong royong,  Jum'at (19/7).  Sebelum acara prosesi bersih Dam Bagong dirinya mengaku bersama warga bergotong royong mulai membersihkan lokasi makam serta memasang bambu pengaman serta memasang umbul umbul agar dalam prosesi upacara sukses dan berjalan dengan lancar. Lebih lanjut, dalam prosesi upacara bersih Dam Bagong dihadiri Forkopimda Kabupaten Trenggalek, Muspika, gapoktan, serta masyarakat lingkunga, dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Trenggalek bahkan dari luar Kabupaten Trenggalek.

Dalam hal ini para petani di Kabupaten Trenggalek menggelar upacara adat Dam Bersih Bagong. Upacara adat dilakukan dengan melempar kepala kerbau ke dalam Bendungan (waduk kecil) Bagong, untuk mengenang layanan Ki Ageng Menak Sopal yang berhasil membangun pusat irigasi persawahan, pungkasnya. (hard/sum) 

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini