Diskomindag Hari Koperasi Ke 72 Gelar Sarasehan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Rabu, 24 Juli 2019

Diskomindag Hari Koperasi Ke 72 Gelar Sarasehan


Ir. Yudi Sunarko, M. Si, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kab. Trenggalek

Trenggalek, Metro Jatim;
Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur menyelenggarakan Sarasehan Perkoperasian dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-72 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten yang dibuka Bupati H. Mochamad Nur Arifin melalui Asisten II di Hall Gajahmada Hotel Hayam Wuruk Kabupaten Trenggalek, Rabu (24/7). Sarasehan dalam rangka Hari Koperasi ke 72 Tahun 2019 yang di selenggarakan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan dengan tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. 
Ir. Agung Sujatmiko, Asisten II Sekda Kab. Trenggalek

Selanjutnya topik sarasehan yang diangkat adalah "Pentingnya pengembangan usaha/permodalan  dan manajemen koperasi berbasis TI dalam membangun ekonomi masyarakat”.  Dalam sarasehan panitia Ir. Yudi Sinarko, M.Si sekaligus Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek menghadirkan narasumber Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Pimpinan (Kepala Cabang) BRI TTrenggalek Pakar IT Kewirausahaan (WAWAN DEWANTO, ST, M.Sc, Phd) dari ITI dan Moderator  kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim.

Panitia penyelenggara sarasean menyampaikan bahwa sarasehan ini dilakukan bertujuan untuk menghimpun dan mewadahi para penggiat koperasi untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam pengembangan koperasi di era industri 4.0. Kemudian memberikan wawasan kepada pengurus serta pengawas dan penggiat koperasi terhadap pentingnya pengembangan usaha koperasi di era industri 4.0 melalui pemanfaatan IT dan memberikan wawasan kepada pengurus serta pengawas dan penggiat koperasi terhadap pentingnya pengelolaan manajemen koperasi berbasis IT. 

Koperasi di Kabupaten Trenggalek saat ini ada 701 koperasi dengan rincian 361 koperasi aktif dan 340 koperasi tidak aktif. Kemudian dari 361 koperasi yang aktif belum ada yang menggunakan aplikasi berbasis IT dalam pelaksanaan pengembangan usahanya, begitu juga dalam pengelolaan administrasi khususnya administrasi keuangan tidak lebih dari 2 persen yang sudah menggunakan aplikasi berbasis IT. Selanjutnya, perkembangan teknologi sangat diperlukan untuk mendorong berbagai aktivitas masyarakat koperasi sebagai salah satu pendukung ekonomi masyarakat, imbuhnya. 

H. Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek melalui Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Trenggalek, Ir. Agung Sudjatmiko sangat bangga karena dari 361 koperasi yang aktif di Kabupaten Trenggalek KSU Pantai Prigi Credit Union mendapatkan penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia sebagai Koperasi Pelopor Pemanfaatan Tehnologi Digital pada tanggal 12 Juli 2019.  Dia berharap keberhasilan KSU Pantai Prigi Credit Union (PPCU) bisa menjadi rujukan bagi koperasi - koperasi yang lainnya.

Kemudian melalui sarasean ini Dia berharap dapat menghimpun dan mewadahi para penggiat koperasi untuk untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan para ahli (Pakar) yang menjadi narasumber dalam acara sarasehan.  Menurutnya kegiatan ini sangat penting dan luar biasa untuk membangkitkan, menggelorakan, serta memperkuat semangat mengembangkan koperasi sebagai kekuatan ekonomi masyarakat, pungkasnya. (hard) 

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini