Desa Plandaan Menggelar Bersih Desa - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Rabu, 31 Juli 2019

Desa Plandaan Menggelar Bersih Desa


Tulungagung, Metro Jatim;

Kegiatan Bersih Desa digelar di desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, kegiatan ini merupakan tradisi tahunan dalam kehidupan masyarakat jawa sekaligus acara rutinan tiap tahun dilaksanakan.

Masyarakat desa Plandaan setempat bersama kepala desa sekaligus perangkat desa dengan semangat gotong royong melaksanakan Bersih Desa bertempat di Pendopo.

Tujuan diadakan kegiatan ini diantaranya adalah sebagai wujud dari  rasa syukur masyarakat desa Plandaan atas berkat yang telah diberikan Tuhan, baik dari segi Kesehatan, Pangan atau kesuburan lahan pertanian, dan Kelsamatan.

Saat ditemui Pj Kepala Desa Plandaan Muji Santoso berkaitan dengan kegiatan ini menjelaskan, "Acara bersih desa yang digelar di Kelurahan Plandaan pada hari Rabu tanggal 24-7-2019 sekitaran pukul 16.00 WIB merupakan acara rutin setiap tahun sekali pasti dilaksanakan," terangnya.


"Sebagai sarana untuk nguri-uri budaya leluhur supaya semakin dicintai oleh para generasi muda dan penerus bangsa. Acara bersih desa ini dapat diambil hikmahnya sehingga menjadikan tuntunan masyarakat Plandaan pada khususnya," tutur Muji Santoso.

Kegiatan upacara ini dipimpin oleh sesepuh desa Plandaan dan dihadiri oleh RT, RW, perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta hampir seluruh masyarakat desa.

Ada pun acara kendurian dilaksanakan dengan hikmad. Dilengkapi pula dengan sesaji yang dibawa oleh warga desa.




Kenduri ini dipercaya bisa mendatangkan berkah bagi warga. Beberapa sesaji yang dibawa diantaranya nasi ambengan berisi lauk pauk dan sayur dipercaya sebagai ungkapan rasa syukur, kemudian tumpeng sebagai lambang akan penghormatan. (Suryani)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini