Warga Desa Songo Wareng Kec. Bluluk Lamongan Gelar Sedekah Bumi Bersih Desa - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Minggu, 23 Juni 2019

Warga Desa Songo Wareng Kec. Bluluk Lamongan Gelar Sedekah Bumi Bersih Desa


Bojonegoro, Metro Jatim;

Warga Desa Songowareng, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur telah puluhan tahun mempertahankan tradisi sedekah bumi dibarengi dengan ritual keramat. Ritual dilakukan warga di lokasi yang m terdapat sebuah makam tua atau punden yakni di punden Dusun Songo Balongrejo Desa pada Minggu Wage jam 11.30 WIB (23/06/2019). 

Setiap setahun sekali atau tepatnya pada bulan Syawal acara tersebut rutin diperingati. Ritual itu dipercaya masyarakat sekitar sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat berupa kesehatan, hasil bumi panen yang melimpah serta terhindar dari bencana.

Pada acara tersebut terdapat sesi hiburan, diisi oleh Langen Tayub dengan sinden Nyi Wariati, Handayani, Samiati, Fiolin, dan Septi.

Kepala Desa Songowareng Muljono mengatakan, "Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun, Yaa tujuannya sedekah bumi. Kalau boleh dikatakan momen tradisi nenek moyang yang paling seru. Ada suasana meriah dan kegembiraan yang lebih," Pungkas.

Sebagai pelaksana acara tersebut Bambang menjelaskan, "Ritual ini dihadiri Camat, perwakilan Polsek, perwakilan koramil, ketua RT, ketua RW, Linnmas, Tokoh agama dan ratusan warga desa setempat," jelasnya.

(Sugiharto)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini