Program Unggulan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep Th 2019 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Kamis, 13 Juni 2019

Program Unggulan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep Th 2019


Sumenep, Metro Jatim;

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur Ir. BAMBANG HERYANTO, M.Si. pada Selasa (11/06/2019) di ruangan kerjanya kepada Wartawan koran ini menerangkan bahwa, Program yang akan direalisasikan tahun ini adalah mengacu pada tahun 2018.

Pasalnya dimana salah satu Program kita yaitu memperbanyak sapi betina produktif artinya untuk menjaga kelestarian sapi madura khususnya di kabupaten Sumenep, supaya tetap dikembangkan.

Menurutnya, "Pada saat ini banyak sapi madura yang diminati oleh peternak di luar madura. Dan selalu jadi incaran para peternak daerah lain, kareana kwalitas sapi madura tidak kalah dengan sapi luar madura.  Terutama harga dagingnya lebih tinggi sapi madura," jelasnya.

"Insyaallah pada bulan juli dinas peternakan Sumenep akan melakukan launhcing ke kampung Insiminasi Buatan (IB) satu satunya program Jawa Timur yang cuma ada di Kabupaten Sumenep." lanjutnya.


"Intinya kampung Insiminasi Buatan (IB) ini satu desa harus ada sapi betina yang bunting riang artinya masing masing kepala keluarga (KK) harus mempunyai sapi betina yang bunting dengan cara melakukan Insiminasi Buatan, bukan secara kawin alami karena kalau kawin alami prosesnya lama," jelasnya lebih lanjut.

"Kami dari dinas terkait akan berupaya untuk melakukan Insiminasi Buatan supaya jadi kebiasaan para peternak sapi madura khususnya di Sumenep. Juga Program selanjutnya kami akan meluncurkan satu program yang cukup fenomenal yaitu tentang peternak ayam, bagaimana para peternak ayam supaya bisa membuat pakan sendiri dan bagaimana hasil telur yang lebih optimal juga termasuk dengan program program yang lain," Terangnya.

(Yakoeb - Kabiro MADURA)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini