SMPN 2 KAUMAN CALON SEKOLAH ADHIWIYATA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 05 Maret 2019

SMPN 2 KAUMAN CALON SEKOLAH ADHIWIYATA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019

Sosialasi program sekolah & musyawarah antara komite sekolah dan wali murid SMPN 2 KAUMAN


Tulungagung, Metro Jatim;

Untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan siswa di bidang non akademik, SMPN 2 KAUMAN memiliki banyak kegiatan ekstra kurikuler baik di bidang keagamaan, olahraga, kepramukaan maupun kesenian. Untuk menuju Sekolah Adhiwayata.

SMPN 2 KAUMAN merupakan sekolah menengah pertama negeri yang terakreditasi A, status kepemilikan pemerintah daerah tanggal SK Pendirian 07-11-1983.

Para wali murid yang mendatangi musyawarah/sosialisai program sekolah, SMPN 4 KAUMAN

SMPN 2 KAUMAN berada di desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung, yang tepatnya berada di bagian barat kota Tulungagung. Sekolahan ini memiliki area yang cukup luas dan asri.

Sugito selaku kepala sekolah SMPN 2 KAUMAN selalu memberikan terobosan terobosan program baru bagi anak didiknya, para stafnya dan area sekolah. Jumlah siswa yang sesuai standartnya membuat semangat para guru untuk memberikan pengabdian terbaiknya. 




Banyak prestasi yang diperoleh oleh siswa siswi SMPN 2 KAUMAN ditingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun propinsi. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya piala atau Trophy di ruang tunggu sekolah. 

Dibidang seni pernah mengisi pentas ludruk dengan lakon lakon "Syarif Tambak Yoso" di TB2KS, menjadi peserta rekor muri Reog Kendang di Tulungagung. Bahkan pernah mengikuti pentas reog kendang di istana presiden Jakarta. 

Dalam rangka melestarikan budaya bangsa SMPN 2 KAUMAN lokasinya memang berada diwilayah daerah yang dahulu masyarakatnya terkenal memproduksi batik, karena perubahan zaman sekarang tinggal beberapa pengusaha batik yang masih bertahan, maka SMPN 2 KAUMAN, mengembangkan ekstrakurikuler "Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal" PBKL berupa "Membuat Batik Jimpitan" Hasil dari pembuatan batik ini memiliki keunikan tersendiri baik motif maupun warna yang tidak dimiliki oleh batik batik lainya. 

"Untuk menyongsong sekolah Adhiwiyata tingkat Propinsi tahun ini, SMPN 2 KAUMAN memiliki banyak program sekolah, diantaranya yaitu pemindahan area parkir kebelakang sekolah, kemudian area parkir yang lama ini akan dibangun 3 kantin sekolah, satu ruang osis dan satu gudang sekolah" ujar agus selaku guru matematika dan kurikulum. 

Untuk mewujudkan progran tersebut Pihak sekolah berkoordinasi dengan pengurus komite sekolah. Selanjutnya pengurus komite sekolah mengundang perwakilan wali murid kelas 7,8,9 dan menyetujui rencana tersebut untuk dimusyawarahkan di  pertemuan pleno dengan semua wali murid.



Pada Kamis 15 November 2018 dilaksanakan sosialisasi/musyawarah program sekolah komite sekolah kepada orang tua atau walimurid kls 7 tahun pelajaran 2018/2019 dan mereka menyepakati untuk mendukung terwujudnya program tersebut. Disepakati pula bagi orang tua ataupun wali murid yg merasa kurang mampu bisa mengajukan keringanan sumbangan dengan menyertakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari desa. 

Sugito selaku kepala sekolah SMPN 2 kauman juga ikut menegaskan, bahwa sumbangan yang diadakan dan disetujui komite dan walimurid bukanlah berdasarkan paksaan akan tetapi bersifat sukarela. (Irfan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini