Bersama Pengurus Hippa, Babinsa Banyuputih Kidul Tinjau Saluran Pring Tali - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 08 Maret 2019

Bersama Pengurus Hippa, Babinsa Banyuputih Kidul Tinjau Saluran Pring Tali


Lumajang, Metro Jatim;

Sebagai upaya untuk menjaga kelancaran saluran air yang berada di Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Babinsa Banyuputih Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto bersama pengurus Hippa meninjau saluran irigasi Pring Tali, Jumat (08/03/2019).

Pelaksanaan pengecekan saluran irigasi tersebut juga didampingi oleh petugas Dinas Pengairan Kabupaten Lumajang, UPT PSDA, perangkat desa dan kelompok tani Desa Banyuputih Kidul.

Disela pelaksanaan kegiatan, Babinsa Banyuputih Kidul Sertu Abdurrahman Wahid mengatakan, menjaga kelancaran aliran air merupakan salah satu kegiatan babinsa untuk mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian di wilayah binaan.

“Pengecekan dan pemeliharaan saluran irigasi sangat penting dilakukan guna menjamin ketersediaan air bagi seluruh lahan pertanian yang ada,” katanya.

Sementara itu Sugeng, Ketua Hippa Desa Banyuputih Kidul juga mengatakan, saluran irigasi Pring Tali merupakan saluran air yang sangat vital bagi pertanian Desa Banyuputih Kidul.

“Lahan seluas 1262 hektar bergantung pada saluran irigasi Pring Tali ini, sehingga apabila ada kerusakan perlu untuk segera dilakukan pembenahan agar tidak ada menimbulkan permasalahan penyediaan air,” tuturnya.


Dilain pihak Sutrisno, petugas Dinas Pengairan Kabupaten Lumajang menyampaikan, bahwa di beberapa bagian saluran banyak di temukan pelengseng yang rusak, pendangkalan, maupun ditumbuhi tanaman liar.

“Kita data kerusakan dan kendala yang ada, untuk digunakan sebagai dasar usulan kepada pimpinan, sehingga dapat diajukan dalam program perbaikan dan pemeliharaan,” ungkapnya.

“Kita juga mengharapkan peran aktif kelompok tani dan pemerintah desa, untuk turut menjaga dan memelihara saluran irigasi Pring Tali ini, sehingga air dapat mengalir dengan lancar, dan kebutuhan air lahan pertanian yang ada dapat terpenuhi,” pungkas Sutrisno.

Reporter : Abd Halim, S.P.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini