Saka Wana Bakti Kota Kediri Mengadakan Kegiatan Penerimaan Anggota Baru - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Minggu, 02 September 2018

Saka Wana Bakti Kota Kediri Mengadakan Kegiatan Penerimaan Anggota Baru

Calon anggota baru Saka Wana Bakti saat bersama personil Satpol PP Kota Kediri

Kediri, Metro Jatim;
Sabtu (01/09/18) dalam rangka penerimaan anggota baru, Satuan Karya Pramuka (Saka) Wana Bakti Kota Kediri mengadakan perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (PERJUSAMI) yang diadakan dikantor Perhutani KPH Kedir Jalan Hasanuddin No.27 Kota Kediri.


Sunarsih selaku alumni pembina mengatakan, "Saka Wana Bakti yang merupakan salah satu Saka (Satuan Karya) dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta tanah air dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam. Dalam ruang lingkup materinya meliputi pengelolaan hutan, pemeliharaan hutan dan sumber daya alam, penyelamatan hutan dan lingkungan hidup, dan pemanfaatan hasil hutan bagi masyarakat. Tentunya tanpa meninggalkan materi-materi kepramukaan lainnya," kata Sunarsih.


"Saka yang bergerak dalam bidang cinta kehutanan dan lingkungan hidup ini terselenggara / berdiri berdasarkan Keputusan bersama antara Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ditandatangani bersama pada tanggal 27 Oktober 1983 di Jakarta. Saka Wanabhakti dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Departemen Kehutanan, Perum Perhutani ataupun bekerja sama dengan LSM / ORMAS yang bergerak dalam lingkungan hidup," lanjutnya.


Untuk latihan Saka Wana Bakti di Kota Kediri diselengarakan setiap hari Minggu jam 09.00 WIB di kantor Perhutani KPH Kediri Jalan Hasanuddin No.27 Kota Kediri. "Kami dengan tangan terbuka selalu menerima adik - adik pelajar yang mau bergabung menjadi anggota Saka Wana Bakti," ungkap Sunarsih.


Dan pada tanggal 31 Agustus - 2 September 2018 dilaksakan Perkemahan Jum'at Sabtu Minggu (PERJUSAMI) dalam rangka penerimaan anggota baru Saka Wana Bakti yang kami tempatkan di lokasi kantor Perhutani KPH Kediri Jalan Hasanuddin No.27 Kota Kediri. Saka Wana Bakti KPH Kota Kediri pada saat ini sedang melakukan kegiatan penempuhan bedge Satuan Karya Wana Bakti  angkatan Ke 31 yang di ikuti sekitar 25 lima peserta terdiri dari adik - adik Pramuka penegak (Pramuka SMA /SMK/MA Kota dan Kabupaten Kediri). "Kegiatan penerimaan anggota baru juga di hadiri pamong saka Wana Bakti kota Kediri dan Ikatan Alumni Saka Wana Bakti Kediri (IKASWANABI) sebanyak 15 orang," papar Sunarsih.


Dalam rangkai kegiatan pemberian Materi khusus dalam Saka Wana Bakti ini di kelompokkan dalam 4 (empat) krida, yaitu:
Krida Tata Wana yang meliputi perisalah hutan; pengukuran dan pemetaan hutan; dan penginderaan jauh.
Krida Reksa Wana yang meliputi keragaman hayati; konservasi kawasan; perlindungan hutan; konservasi jenis satwa; konservasi jenis tumbuhan; pemanduan; penelusuran gua; pendakian; pengendalian kebakaran hutan dan lahan; pengamatan satwa; penangkaran satwa; pengendalian perburuan; dan pembudidayaan tumbuhan.
Krida Bina Wana yang meliputi konservasi tanah dan air; perbenihan; pembibitan; penanaman dan pemeliharaan; perlebahan; budi daya jamur; dan persuteraan alam.
Krida Guna Wana yang meliputi: pengenalan jenis pohon; pencacahan pohon; pengukuran kayu; kerajinan hutan kayu; pengolahan hasil hutan; dan penyulingan minyak astiri. Dimana narasumber materi langsung dari asper.


Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Klotok peserta Satuan Karya Wana Bakti berhenti di Mako Satpol-PP kota Kediri pukul 01.00 - 02.00 wib di sambut oleh Kabid trantibum Satpol-PP kota Kediri Nur Khamid S.Pd, selama di Saptol PP kurang lebih sekitar 1 - 2 jam peserta penerimaan anggota baru Saka Wana Bakti diberikan materi dasar PBB oleh anggota Satpol PP kota Kediri dan oleh komandan satpol PP Bapak Nur Khamid.


"Para peserta di ajak bernyanyi bersama, dan ada sedikit cerita yang mungkin belum banyak masyarakat tahu ternyata komadan Satpol-PP, Nur Khamid juga anggota pramuka yang memiliki kompetensi pembina mahir golongan siaga. Kegiatan tahun ini di kemas sedemikian rupa dengan konsep baru dengan sengaja melibatkan Satpol PP karena mempunyai prestasi yang luar biasa dimata masyarakat Kota Kediri," pungkas Sunarsih yang bersuamikan Joko Suprayitno tokoh Aktifis Ormas DPD PEKAT - IB Kota Kediri. (Roy)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini