PENGJIAN UMUM DALAM RANGKA HAUL MBAH DRAJIT TRONOJOYO - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Sabtu, 08 September 2018

PENGJIAN UMUM DALAM RANGKA HAUL MBAH DRAJIT TRONOJOYO

Lumajang, Metro Jatim;

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun RI yang ke 73 desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Desa tersebut juga tidak lupa rutin mengadakan Haul Sesepoh yang merupakan seseorang membabat alas di desa ini selalu diingat dengan di adakannya pengajian akbar.

Selama pemerintahan kades Lestari sdh berturut turut di adakan nya Haul setiap tahun karna ini merupakan acara yang sangat penting bagi tradisi ummat muslim yang ada di sekelilingnya.

Acara Haul ini diadakan pada hari Jum'at malam Sabtu, 7/9/2018. Acara ini diadakan oleh segenap masyarakat desa Wotgalih atas ide Kepala desa (Lestari) serta prangkat desa Wotgalih.

Haul pengertiannya ialah mengenang atas jasa jasanya semasa beliau masih hidup, yang sangat banyak manfaatnya karena nama mbah Drajit Trunojoyo seorang sosok yang dikenal karomah karna kedekatannya kepada Alloh SWT dan mbah Drajit tronojoyo juga dikenal seorang pahlawan yang ikut berjuang dimasa sebelum indonesia merdeka, dengan kegigihannya dan keampuan ilmu serta kewaliannya maka desa Wotgalih dapat barokah.

Kepala desa Wotgalih (Lestari) selaku ketua pengajian Haul tersebut mengatakan "Kami setiap tahun harus mengadakan kegiatan yang memang ditujukan husus kepada sheh mbah Drajit Trunojoyo karena beliaunya seorang sosok pahlawan islam yang juga merupakan satu satunya sesepuh di desa kami yang ikut berjuang di desa kamis. Sehingga desa kami bisa sukses menjadi desa yang sejahtera dan desa kami bisa menjadi desa santri karena barokah dan doa beliau dan mbah Drajit ini sudah dikenal sampai ke plosok - plosok desa maupun kota karena setiap tahun ramai orang berziarah ke makamnya." paparnya.

Dari berapa pengunjung acara Haul mengatakan dia adalah  dari desa ini (Uspa, dan Sumakya, dan holig) saya sanagt senang p kades mengadakan Haul ini karna ini merupakan kegiatan yang harus di laksanakan dan kami berdoa semoga desa Wotgalih bisa aman dan sejahtera.

Pengajian Haul ini dihadiri oleh kyai Marsus sekali gus yang membawa Mau Idatul Hasanah, dimana beliau memaparkan tentang jasa - jasa dari sheh mbah Drajit Trunojoyo tersebut, bahwa sheh tersebut merupakan seorang wali yang sangat luar biasa karomahnya, makanya saya himbau kepada masyarakat Wotgalih jangan dibiarkan seorang wali yang makamnya disini, melainkan mari kita ingat ingat supaya kita tetap dapat barokahnya sehingga kita bisa berkumpul bersamanya di alam akhirat nanti aminn ya robbal alamin.


Imbuh Kades (Lestari) "Dalam rangka haul ini kami ucapkan kepada segenap para undangan yang hadir dalam acara ini, saya ucapnya banyak - banyak terima kasih semoga Alloh SWT akan selalu memberi petunjuk dan diberi kelancaran rizki yang banyak. Juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada segenap para atasan dan aparat yang selalu memberi respon dan kompak menjaga ketertiban kegiatan ini, semoga dengan adanya Haul ini kita selalu diberi barokah hidup kita, terutama di desa ini bisa selalu aman dan jauh dari malapetaka amin ya robbal alamin, semoga tahun depan kita masih bisa mengadakan kegiatan seperti ini lagi sehingga kita tetap dekat dengan seorang wali amin." Pungkasnya.

Reporter : Abd halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini