GSI BERHASIL TEKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Senin, 17 September 2018

GSI BERHASIL TEKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI


Lumajang: Metro Jatim

Gerakan Sayang Ibu (GSI) pernah berhasil menekan angka kematian ibu dan bayi. Bukti keberhasilan itu, ketika GSI menghantarkan Kabupaten Lumajang meraih penghargaan nasional untuk kecamatan sayang ibu dan rumah sakit sayang ibu. Hal itu disampaikan, Plt. Bupati Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto, saat membuka acara Rapat Perencanaan dan Evaluasi GSI tahun 2018 Kabupaten Lumajang, di Gedung Panti PKK Kabupaten Lumajang, Senin (17/9/2018) pagi.

Dalam sambutannya, Plh. Bupati Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto, menyampaikan Gerakan Sayang Ibu (GSI) di Kabupaten Lumajang sudah dilaksanakan sejak tahun 1998 dan sudah mampu menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Lumajang. Bahkan menurut sejarah perjalanannya pernah menghantarkan Kabupaten Lumajang meraih penghargaan nasional untuk kecamatan sayang ibu dan rumah sakit sayang ibu.

"Saya berharap kepada Plt. Dinkes dalam rakor ini kdapat mengsinkronkan dengan program Bupati dan Wakil Bupati Lumajang terpilih, sehingga dapat melaksanakan program yang benar-benar dapat menyentuh sasaran," tambahnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk,  KB dan PP Kabupaten Lumajang, dr. Farida Alfawati, MPPM., mengatakan, bahwa Rapat Perencanaan dan Evaluasi GSI tersebut, bertujuan untuk menguatkanan GSI di Kabupaten Lumajang, mengevaluasi pelaksanaan program GSI dalam upaya penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Lumajang, dan meningkatkan peran GSI dalam menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). 

"Dengan begitu, keluaran yang diharapkan adalah meningkatnya sinergitas pokja gerakan sayang ibu (GSI) di Kabupaten Lumajang, terlaksananya evaluasi GSI dengan penurunan AKI dan AKB, dan adanya rekomendasi untuk kegiatan GSI yang lebih baik di tahun depan," ujar dr. Farida Alfawati, MPPM.


Rapat tersebut diikuti100 orang, terdiri dari Pokja GSI Kab. Lumajang, Ketua TP PKK Kecamatan selaku Satgas GSI Kecamatan serta Kepala Puskesmas dan bidan koordinator Puskesmas se-Kabupaten Lumajang.

Reporter : Abd Halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini