Untuk Memperingati HUT RI Ke 73, Warga Belajar Memahami Arti Dari Panjat Pinang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Kamis, 30 Agustus 2018

Untuk Memperingati HUT RI Ke 73, Warga Belajar Memahami Arti Dari Panjat Pinang


Banyuwangi, Metro Jatim;
Begini caranya warga RT 37 RW 14 Dusun  Sumberwadung Desa Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi dalam memperingati Hari  Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73. Acara panjat pinang yang di laksanakan pada malam hari Selasa (29/8/2018) adalah puncak kegiatan yang diadakan oleh warga RT 37 RW 14, kegiatan kali ini sangat menyedot perhatian warga sekitar untuk ikut menyaksikan jalannya acara tersebut, kembang api yang dinyalakan turut menghiasi jalannya kegiatan panjat pinang.


Panjat pinang yang diadakan setiap tahun ini memang selalu membutuhkan anggaran yang begitu lumayan. Dengan kepedulian yang sangat tinggi yang dilakukan oleh Agus Salim, Eko Purwanto, Urbayani bisa  membantu jalannya kegiatan panjat  pinang kali ini. Total hadiah yang disediakan oleh para donatur mencapai  hampir Rp 3.000 000,-. Hadiah berupa baju, celana, dan sebagian berupa uang.


Untuk membantu jalannya kegiatan supaya lancar, panitia mengatur para peserta yang  mengikuti panjat pinang. Kelompok panjat pinang ini terbagi menjadi lima grup, masing - masing grup terdiri dari 5 orang. Setiap grup diberikan waktu 3 menit untuk  memanjat, kegiatan diawali dengan menyalakan kembang api yang disiapkan oleh Agus Salim selaku RW 37. Teriakan  warga dilokasi acara menambah meriahnya suasana, bahkan salah satu warga tertawa sampai mengeluarkan  air mata  disaat salah satu peserta celananya terlepas karena  tarikan oleh temanya sendiri.


Acara yang di hadiri oleh Kepala Dusun Sumberwadung Bapak Taufik, dengan  didampingi Babinkantipmas dan Babinsa Desa Kaligondo menambah semangat para peserta. Bapak Arif selaku Babinsa Kaligondo memberikan bonus bagi peserta  yang pertama kali bisa mengibarkan  bendera 'merah putih' mendapatkan uang Rp 100.000.


Saat dikonfirmasi media Metro Jatim Bapak Agus Salim yang juga selaku RW menyampaikan ucapan terimakasih  kepada warga  RT 37 RW 14 khususnya tehadap pemuda Jogoro yang sudah bahu membahu membantu jalannya kegiatan selama ini sehingga bisa berjalan dengan  lancar. 


Saat ditanya tujuan untuk mengadakan kegiatan panjat pinang Bapak Agus menjawab, "Tujuan saya mengadakan kegiatan panjat pinang bukan karena hadiah atau uang tetapi saya ingin memberikan satu pembelajaran terhadap  anak-anak muda bahwa kita semua butuh bermasyarakat tidak perlu membeda-bedakan antar sesama warga atau teman. Kita bisa menyaksikan betapa susahnya memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri dengan bahan pelicin tetapi  dengan kebersamaan dan kekompakan mereka bisa meraih hasil yang memuaskan," kata beliau. (Agus)



Post Top Ad

Pasang Iklan Disini