Personel Koramil 0821/20 Padang Normalisasi Saluran Irigasi - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Selasa, 28 Agustus 2018

Personel Koramil 0821/20 Padang Normalisasi Saluran Irigasi


Lumajang, Metro Jatim;
Berbagai upaya dalam rangka mewujudkan suksesnya program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan nasional, personel koramil 0821/20 Padang bersama warga yang tergabung dalam kelompok tani Wargo Manunggal dan PPL Dusun Umpak Desa Tanggung kecamatan Padang kabupaten Lumajang bahu membahu bekerjasama dalam menormalisasi saluran irigasi di wilayah tersebut, Selasa (28/8/2018).


Danramil 0821/20 Padang yang diwakili oleh Bati Tuud Pelda Sugeng Rahadi mengatakan, "Kegiatan yang  dilaksanakan pada saat ini dalam rangka menormalisasi saluran air sepanjang 1.500 m yang berada di dusun Umpak desa Tanggung dengan kelebaran 2 m dan kedalaman pengerukan endapan lumpur tanah setinggi 60 cm," ungkapnya. 


"Pengerukan lumpur endapan tanah kita lakukan dengan menggunakan alat berat sehingga hasilnya akan benar-benar maksimal dan saluran irigasi bisa berfungsi kembali pada bentuk semula guna mencukupi pasokan distribusi pengairan yang diperlukan bagi para petani," jelas Pelda Sugeng. 


Ia juga menambahkan, "Mengingat kebutuhan air sarana yang sangat vital bagi para petani apalagi kondisi saat ini sudah jarang turun hujan sehingga saluran yang ada merupakan penopang utama untuk mencukupi kebutuhan air yang diperlukan," imbuhnya. 


Sementara Arroini,  S.P dari Badan Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Padang juga mengungkapkan hal yang sama, "Sarana irigasi saat ini telah memilikin peran yang sangat vital bagi petani, selain sebagai penyuplai kebutuhan pengairan fungsi lain yang tidak kalah penting adalah menjaga stabilitas air jika terjadi musim hujan sehingga curahan air hujan yang turun debitnya bisa ditampung dalam saluran tersebut," ungkapnya. 


"Perlunya penormalisasian saluran yang dilakukan saat ini karena kondisi sudah cukup memprihatinkan dengan mengalami pendangkalan sehingga jika sewaktu-waktu terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi dikhawatirkan tidak dapat menampung air yang menyebabkan terjadinya genangan air dijalan," imbuh Arroini. 


"Semoga dengan normalnya saluran irigasi ini dapat lebih bermanfaat bagi para petani yang tentunya juga kebutuhan tanaman melalui pengairan semakin terjamin serta hasil produksi panen yang diharapkan dapat memenuhi target guna mendukung program pemerintah dibidang ketahanan pangan nasional," pungkasnya.

Reporter: Abd Halim, SP

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini