Pawai Karnaval Tingkat Dusun, Jalan Lintas 3 Kecamatan Ditutup - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

 



 


 


 


 

Minggu, 26 Agustus 2018

Pawai Karnaval Tingkat Dusun, Jalan Lintas 3 Kecamatan Ditutup


Banyuwangi, Metro Jatim;
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 73 warga masayarakat  Dusun Sumberwadung Desa Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur melaksanakan  kegiatan Pawai Karnaval Tingkat Dusun. Puncak kegiatan pada hari Sabtu 25/8/2018 sungguh mencengangkan dikarenakan para pengunjung membeludak sampai memenuhi sepanjang jalur yang terlewati.


Walau hanya kegiatan setingkat dusun tetapi harus melibatkan para pihak karena  jalur yang  akan dilewati meliputi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Sempu, Genteng dan Kecamatan Glenmore. Sedangkan 4 desa, yang terlewati adalah Desa Sumbergondo, Tulungrejo, Kaligondo dan Desa Sempu. Agar dalam  pelaksanaan  kegiatan pawai karnaval berjalan dengan  lancar dan tidak ada kendala, seluruh panitia harus berkerja keras. Keberadaan  Babinkantibmas dan Babinsa serta di bantu oleh pengamanan polsek Genteng sangat membantu sehingga kegiatan pawai karnaval bisa berjalan dengan lancar.


Dusun yang memiliki jumlah warga terbesar ke 2 se Kaligondo setelah Dusun Wadungdolah yang terbagi dari 15 RT serta di tumpang dengan  adanya lembaga pendidikan yang  berada  di dusun Sumberwadung seperti TK Albukhori, TK Pertiwi, SDN 8 Kaligondo, SDN 2 Kaligondo  dan ditambah lagi dengan  keberadaan sekolah SMPN 2 Genteng yang menjadi kebanggaan masayarakat  Banyuwangi selama ini. SMPN 2 Genteng sengaja tidak  mengikuti acara pawai Karnaval tingkat kecamatan karena harus berkosentrasi mengikuti pawai karnaval tingkat  dusun. Keberadaan  SMPN 2 Genteng adalah bagian dari Dusun Sumberwadung Desa Kaligondo sehingga pihak sekolah harus  menghargai undangan dari pihak  panitia.


Beragam tema yang disajikan oleh para peserta pawai karnaval kali ini seperti Puter Kayun, ritual napak  tilas sambil naik dokar. Masayarakat  osing Banyuwangi memiliki banyak tradisi di bulan syawal, selain sebelang barong ider bumi, setiap  usai lebaran ada tradisi puter kayun. puter  kayun  adalah tradisi napak tilas masyarakat Boyolangu, Kecamatan Giri Banyuwangi dengan cara beramai - ramai naik delman atau dokar. Ini sekilas cerita yang melegenda di bumi berlambang.


Acara  dimulai pada jam 12 siang yang dilepas langsung oleh Bapak Wasito selaku Kepala Desa Kaligondo. Wasito pun turut menjadi peserta pawai karnaval dengan  didampingi oleh sekertaris Desa Kaligondo  Bapak Marhaendik dan diikuti oleh Bapak Suwsrji selaku Kepala Dusun Selorjo, selain itu ada Bapak Heru selaku Kepala Dusun  Jepit. Saat ditemui rekan media Metro Jatim, Wasito mengucapkan banyak terimakasih atas peran serta masyarakat Dusun Sumberwadung dalam memperingati HUT RI yang ke 73. Menurut  Wasito kekompakan dan kerukunan yang ditampilkan masyarakat Dusun Sumberwadung patut untuk dibanggakan.


"Saya mengucapkan banyak terimakasih  kepada warga masyarakat Dusun  Sumberwadung yang sudah membantu pemerintahan Desa Kaligondo didalam melaksanakan kegiatan pawai karnaval  tahun ini dan saya berharap pelaksanaan  kegiatan karnaval berjalan dengan  lancar sampai selesai," ucap Wasito di lokasi kegiatan.


Disela sela kegiatan berjalan kami pun menyempatkan menemui ketua Panitia Bapak Komarul Huda di lokasi finish. Saat ditanyakan tentang kelancaran kegiatan pawai karnaval tahun ini, Komarul  Huda menyampaikan, "Kesuksesan bukan milik saya, ini adalah kesuksesan panitia jadi kalau bicara panitia itu semua mas, karena  cara kerja kita adalah kolektif kolegiyal. Jadi tidak ketua atau anggota saja, tetapi semua bekerja sama bahu membahu untuk mencapai  kesuksesan itu yang benar," ucap Huda.(Agus)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini